Mahasiswa UNUSIA Bangun Kewirausahaan dan UMKM di Jonggol

 


NUBOGOR, JONGGOL – Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta, yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Riung Cibodas melakukan pendampingan kewirausahaan kepada pelaku usaha di desa Cibodas.

Pasalnya, Desa Cibodas merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, memiliki luas wilayah 812.353 Ha atau 700 m di atas permukaan laut. Dengan kondisi tersebut, desa Cibodas memiliki beberapa potensi unggulan yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah potensi dalam hal pertanian dengan presentasi 29,35%.

Ketua Kelompok KKN Riung Cibodas Karin mengatakan, melihat potensi pertania, kelompok KKN Riung Cibodas memilih komoditi singkong sebagai salah satu sumber daya alam yang akan dikembangkan di desa ini.

“ Setelah melakukan beberapa diskusi dengan anggota kelompok, kami sepakat untuk menjalankan beberapa program terkait membangun desa kewirausahaan dan UMKM melalui komoditi singkong, karena salah satu produksi terbesar yang dimiliki oleh warga Cibodas adalah singkong dan singkong sendiri merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia yang pengolahan budi daya nya terbilang mudah, namun memiliki harga jual yang rendah di pasaran”, Ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN Riung Cibodas, Roisatun Nisa. Beliau menuturkan bahwa pemilihan singkong sebagai fokus pendampingan wirausaha dalam program KKN Riung Cibodas telah melalui beberapa pertimbangan dari berbagai pihak.

“Singkong merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang mengandung karbohidrat dan dijadikan makanan pokok di beberapa daerah. Setelah terjun ke desa Cibodas dan melihat antusias warga dalam budi daya singkong, saya bersama mahasiswa langusng menyususun beberapa program untuk menjadikan singkong ini sebagai produk dengan brand makanan khas Cibodas dan nantinya akan kita pasarkan secara lebih luas” Ujar Beliau.

Sumber : Dhea Oktaviani

0 Komentar