Gali Potensi Bidang UMKM, Mahasiswa UNUSIA Jakarta Beri Pendampingan di Jonggol



NUBOGOR, JONGGOL- Bekerjasama dengan kelompok UMKM Jonggol, Mahasiswa UNUSIA Jakarta melakukan pendampingan usaha UMKM di Desa Cibodas Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, dalam rangka pelaksanaan pengabdian kemasyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 5-17 Maret 2022. Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki secara kolaboratif bersama dengan Pemerintah Desa dan unsur masyarakat guna membangun di desa.

“Melalui pendampingan kewirausahaan dan UMKM ini diharapkan menjadi salah satu cara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat” ujar Karin ketua KKN Riung Cibodas, Minggu (13/03).

Terkait itu, Ketua UMKM kecamatan Jonggol Nurjanah mengatakan, pendampingan UMKM oleh para mahasiswa ini juga bekerjasama dengan Forum UMKM kecamatan Jonggol.

“Management usaha adalah upaya kita untuk mengatur usaha yang kita punya. Bagaimana kemudian usaha ini mendatangkan profit untuk kita,"imbuhnya.




Lanjut Nurjanah, menambahkan para pelaku usaha merasa ketika melakukan usaha, tidak ada keuntungan yang kita dapatkan bahkan cenderung rugi karena mengeluarkan modal kembali. Inilah akibatnya jika usaha kita tidak di manage dengan baik.

"Salah satu cara dalam mendukung ekonomi kreatif adalah melalui berbagai inisiatif pengembangan serta pemberdayaan pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan dan meraih peluang usaha sehingga potensi yang dimiliki bisa berkembang,"harapnya. 

Sumber : M. Nur Kholiq

0 Komentar