Pengurus PAC Fatayat NU Cisarua Ber-Filantropi

NU BOGOR - Pengurus Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Cisarua untuk kesekian kalinya mengadakan filantropi, banyak jenis filantropi yang dilakukan PAC Fatayat Cisarua di antaranya adalah; berbagi sembako pada terdampak covid 19, berbagi baju layak pakai pada korban banjir di bogor dan yang terakhir adalah di penghujung bulan Ramadhan PAC Fatayat “berbagi takjil,” sekitar seratus box yang berhasil dibagikan. Berbagi ini tidak serta merta didapat dari kas pengurus pribadi, tetapi semua anggota fatayat saling bahu-membahu. Sumbangan dapat berbentuk uang atau bahan makanan yang sudah jadi.
 
Tujuan filantropi ini adalah untuk menerapkan QS. Al-Baqarah/2: 83. “dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.”  Beramal baik pada sesama manusia menjadi kewajiban satu dengan yang lainnya.

Meskipun fatayat adalah organisasi perempuan dan lebih dikenal dengan mahluk domestik (pasif), dengan filantropi ini berhasil memberi kesan bahwa perempuan bisa menjadi makhluk aktif. Perempuan dan laki-laki sama-sama menjadi hamba dan khalifah di Bumi, untuk beramal saleh berlaku untuk laki-laki dan perempuan, sebagaimana telah disinggung dalam al-Qur'an ( QS.Adz-Dzariyat/51: 56).
Jum'at kedua di bulan dzulhijjah ini PAC Cisarua kembali melaksanakan kegiatan program filantropi ini dengan “Sedekah Jum'at”. Anggota PAC Fatayat berbondong-bondong mengumpulkan makanan dan minuman untuk dibagikan kepada jamaah laki-laki yang selesai melaksanakan ibadah Jum'at. Sedekah jum’at berpindah-pindah tempat dari ranting satu ke ranting lainnya dalam wilayah Cisarua.

Jum'at pekan ini bertempat di ranting Leuwimalang, menunya masih sederhana yang dibagikan adalah nasi ayam kremes, nasi padang sekitar 15 box, dan aneka minuman. Semoga kegiatan tidak seberapa ini memiliki makna yang dapat menumbuhkan jiwa filantropi pada siapapun yang melihat atau membacanya.

Ketua PAC Fatayat NU Cisarua (Hj. Lilis Fauziah Balgis, SHI. MA.Ek)

Belum ada Komentar untuk "Pengurus PAC Fatayat NU Cisarua Ber-Filantropi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel