Kajian Al-Hikam 197, Kualitas Cahaya Ilahiyah




NUBOGOR -

انوار اذن لها فى الوصول وانوار اذن لها فى الدخول

"Ada cahaya Ilahiyah yang diizinkan sampai pada permukaan hati, ada pula cahaya ilahiyah yang diizinkan masuk pada kedalaman hati."

Maqalah di atas menjelaskan tentang perbedaan kualitas cahaya ilahiyah yang masuk ke dalam hati, ada kalanya masuknya sebatas permukaan hati ada pula yang masuk pada kedalaman hati. Efek cahaya Ilahiyah yang masuk pada permukaan hati mampu mengenal dirinya dan Tuhannya, mengenal urusan dunia dan akheratnya.

Maqam ini disebut maqamnya ahli dhahir yaitu menjalankan agama sebatas formalistik bukan subtantif. Sedangkan cahaya Ilahiyah yang menembus kedalaman hati dampaknya tidak ada yang dicintai selain Allah, tidak akan berbuat kecuali apa yang diridhai Allah, dan batiniyahnya senantiasa memandang tidak ada yang maujud kecuali wujudul haq.

Maqam ini termasuk maqamnya ahlu batin yaitu ahlil haq wa-syuhud karena pandanganya menembus aspek subtantif dan hatinya dipenuhi dengan cinta dan senantiasa memandang kepada Allah. Semoga cahaya Ilahiyah yang masuk ke dalam hati kita menembus kedalaman hati.

Dr. KH. Ali M. Abdillah MA Dewan Penasihat PC. GP Ansor, Kabupaten Bogor yang juga Pengasuh Al-Rabbani Islamic College, Gunungputri Bogor, (Al-Rabbani, 04 Mei 2020).

Belum ada Komentar untuk "Kajian Al-Hikam 197, Kualitas Cahaya Ilahiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel