Kajian Al-Hikam 188, Surga Balasan Bagi Hamba yang Taat







NUBOGOR -

اوجب عليك وجود خدمته ومااوجب عليك الادخول جنته

"Allah telah mewajibkan (ketaatan) kepadamu sebagai wujud khidmah kepada-Nya, dan Allah tidak mewajibkan (ketataan) kepadamu kecuali (Allah ingin dirimu) masuk ke dalam surga-Nya."

Maqalah di atas menjawab maqalah sebelumnya bahwa Allah sengaja mewajibkan ketaatan kepada hamba-Nya supaya mereka terpacu dalam melaksanakan ketaatan sebagai pengabdian hamba kepada Allah.

Dibalik semua itu Allah punya tujuan ingin hamba-Nya masuk ke dalam surga. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa sebagai ciri-ciri hamba yang akan masuk surga saat di dunia memiliki ketaatan dalam melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya, memiliki kegemaran dalam berinfaq di jalan Allah dan bershadaqah untuk membantu sesama.

Maka orang-orang yang memiliki ciri tersebut layak mendapatkan balasan surga. Sekalipun fasilitas surga bagi orang mukmin semata-mata sebagai rahmat Allah. Semoga Allah memberikan kita kekuatan istiqamah dalam melaksanakan ketaatan secara ikhlas hanya semata karena Allah.

Dr. KH. Ali M. Abdillah MA Dewan Penasihat PC. GP Ansor, Kabupaten Bogor yang juga Pengasuh Al-Rabbani Islamic College, Gunungputri Bogor.

Al-Rabbani, Kamis 16 April 2020.


Belum ada Komentar untuk "Kajian Al-Hikam 188, Surga Balasan Bagi Hamba yang Taat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel