Kajian Al-Hikam 190, Hikmah Dibalik Kegelapan



                
NUBOGOR -
     
     ربما وردت الظلم عليك ليعرفك قدر ما من به عليك

"Ketika dirimu sedang menghadapi kondisi kegelapan (kesulitan), (sebenarnya) Allah ingin memberitahu dirimu betapa mahalnya anugerah Allah (cahaya Iman) yang telah diberikan kepadamu."

Maqalah di atas menjelaskan bahwa manusia seringkali baru menyadari betapa besar nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya saat sedang merasakan kondisi pahit, kesulitan dan kegelapan.

Saat diberikan rizki melimpah, derajat dan pangkat terkadang sulit bersyukur kepada Allah, namun ketika diberikan kesulitan baru muncul kesadaran betapa besar nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya tapi tidak disyukurinya.

Begitu juga saat diberikan anugerah nikmat batin yaitu cahaya iman di dalam hati tapi tidak digunakan utk mendekatkan diri kepada Allah, namun ketika cahaya keimanan dicabut oleh Allah lalu terjatuh dalam kemaksiatan, akhirnya baru menyadari betapa mahalnya nikmat iman.

Karena itu, mari kita syukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita baik nikmat lahir maupun nikmat batin, semoga kita menjadi hamba yang pandai menyukuri nikmat Allah. 


Al-Rabbani, 14 April 2020.

Dr. KH. Ali M. Abdillah MA, Dewan Penasihat PC. GP Ansor, Kabupaten Bogor dan Juga Pengasuh Al Rabbani Islamic College, Gunungputri Bogor.

Belum ada Komentar untuk "Kajian Al-Hikam 190, Hikmah Dibalik Kegelapan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel