Kajian al-Hikam (87) : Optimalisasi Waktu

NU Bogor -



Kajian al-Hikam 87
Optimalisasi Waktu

اَلطَّيُّ الحقِقيُّ اَنْ تطوٰى مساَفة ُ الدُّنْياَ عَنْكَ حَتَّى ترَىالاٰخِرَةَ اَقْرَبَ اِليكَ منكَ

"Melipat jarak waktu yang hakiki yaitu ketika kamu mampu menyingkat jarak dunia ini sehingga kamu melihat akhirat terlebih dekat kepadamu dari dirimu sendiri."

Maqalah diatas menjelaskan tentang optimalisasi waktu saat kita masih hidup di dunia. Banyak orang yang menyia-nyiakan waktunya ketika orientasi aktifitasnya hanya untuk kepentingan duniawi dan memuaskan hawa nafsunya, berarti orang tersebut masih jauh dari kehidupan akherat. Berbeda dengan orang yang sudah bisa mengoptimalkan waktunya maka semua aktifitasnya akan diniatkan untuk ibadah dan berjuang di jalan Allah,  seluruh waktunya akan bersama Allah.

Jika demikian orang tersebut berarti sudah mampu mengoptimalkan dan memanfaatkan seluruh waktunya menjadi bernilai dan merasa lebih dekat dengan Allah dan akan merasakan akherat lebih dekat dengan dirinya. Itulah hakikat menyingkat waktu yaitu waktu yang dioptimalkan untuk ibadah dan bersama Allah.

Semoga kita dapat mengoptimalkan seluruh aktifitas dan waktu kita untuk di jalan Allah sehingga waktu kita tiap detiknya semakin berkualitas dan bernilai.

DR. KH. Ali M. Abdillah, MA
al-Rabbani Islamic College, Nagrak, Gunungputri, Bogor
 

Belum ada Komentar untuk "Kajian al-Hikam (87) : Optimalisasi Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel