Berikut 5 Misi Harokah Kaffah PCNU Kabupaten Bogor

Stadium General Peserta MKPNU dan Sosialisasi Kontra Radikal Serta Deradikalisasi 2017
CIBINONG – NU Bogor 

Terwujudnya PCNU Kabupaten Bogor sebagai jam'iyyah diniyyah ijtima'iyyah yang mandiri, modern dan professional dalam upaya mewujudkan Kabupaten Bogor yang tegar beriman berdasarkan Islam Ahlussunnah wal Jama'ah adalah Visi KH. Romdoni, M.Ag. MH Ketua PCNU Kabupaten Bogor dalam membanguan NU hal ini disampaikan ditengah kegiatan Stadium General Peserta MKPNU dan Sosialisasi Kontara Radikal dan Deradikalisasi 2017, Sabtu (25/03/2017).

Ia memaparkan bahwa Visi ini menjadi tujuan utama NU yang telah dirangkai dalam 5 Misi. Pertama, dalam bidang Agama yaitu melaksanakan da'wah Islamiyah dan membimbing umat menuju masyarakat madani. Kedua, dalam bidang pendidikan dan kebudayaan konsennya adalah memberdayakan pesantren, meningkatkan kualitas pendidikan dalam mencerdaskan bangsa serta mengembangkan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama'ah. Ketiga, dalam bidang ekonomi yaitu meningkatkan peran dalam membangun dan menjaga kelangsungan ekonomi kerakyatan. Keempat, bidang Sosial Masyarakat adalah meningkatkan peran sosial keagamaan untuk kesejahteraan lahir dan batin bagi masyarakat Kabupaten Bogor. Dan kelima, bidang Mabadi' Khairu ummah yaitu mengembangkan berbagai ikhtiar dan upaya yang bermanfaat bagi masyarakat banyak guna terwujudnya keunggulan umat (khairu ummah).

Misi-misi ini dijabarkan dalam bentuk program action plan yang dijalankan oleh lembaga, lajnah dan banom-banom NU yang sudah ada di Kabupaten Bogor. Contoh IPNU hari ini (25/03) melakukan Istighatsah Kubra di Kecamatan Cigombong ini dalam bidang Agama. Ada juga Makesta dan Lakmud dalam bidang pengkaderan, GP Ansor pun melakukan Pelatihan Kepemimpinan Dasar dan memfasilitasi Banser melaksanakan Diklatsar.

"bahkan malam ini saya mendapatkan Informasi Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor akan mengadakan touring mengunjungi makam-makam para ulama dan habaib yang ada di Kabupaten Bogor. Ini program tambahan yang bagus dalam bidang pengkaderan". Ungkapnya

Lebih gamblang Pengasuh Ponpes Yasina ini menjelaskan PCNU sebagai payung dari Lajnah, Lembaga dan Banom NU siap memfasilitasi Madrasah Kader Penggerak NU, yang insyaallah akan diadakan di Wisma DPR RI Megamendung dalam waktu dekat ini. Itu adalah program yang terkair dengan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang ideologi ke-NU-an. Nanti dalam MKDNU akan dibahas Amaliyah NU, Sejarah NU, Arah pergerakan NU, Ekonomi NU dan lain sebagainya.


Dalam bidang Ekonomi khususnya PCNU dalam hal ini diwakili oleh LPNU sudah melakukan pelatihan budidaya peternakan ikan lele di Kecamatan Ciampea. Di Kecamatan Cileungsi nanti akan ada Tabligh Akbar Kebangsaan yang akan dihadiri oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj. Juga akan diisi dengan pengobatan gratis yang dalam hal ini PCNU sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit dan LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdhatul Ulama) dalam rangka mewujudkan manfaat bagi Masyarakat Bogor khususnya dan Masyarakat Indonesia umumnya.

Menurutnya Ini gencar dilakukan PCNU karena untuk memasyarakatkan NU dan meng-NU-kan masyarakat sehingga dapat terbebas dari paham-paham radikal dan intoleran yang sekarang marak terjadi di Negara Indonesia.

Sehingga masyarakat mengenal esensi dari NU tak hanya secara amaliyahnya namun juga secara harokah kaffahnya. Terakhir harapan besar diinginkan oleh Ketua PCNU Kabupaten Bogor periode 2014-2017 ini adalah Lajnah, Lembaga, Banom, MWC juga Ranting di Kabupaten Bogor dapat bersinergi dan bekerja bersama-sama mengenalkan Harokah NU kepada masyarakat.


“masyarakat mengenal esensi NU tak hanya secara amaliyahnya namun juga secara harokah kaffahnya. Semoga Lajnah, Lembaga, Banom, MWC juga Ranting di Kabupaten Bogor dapat bersinergi dan bekerja bersama-sama mengenalkan Harokah NU kepada masyarakat. Pungkasnya. (Aziz Ian/Dhamiry)

0 Komentar